Cara Mempercepat Booting Windows 10

windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Setiap kali Anda menyalakan komputer, salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah waktu yang dibutuhkan untuk booting atau memuat Windows. Booting yang lambat bisa merusak mood Anda dan bahkan mengganggu produktivitas Anda jika Anda harus menunggu terlalu lama. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat booting Windows 10 dan memastikan bahwa komputer Anda siap digunakan dengan cepat.

  1. Kurangi jumlah program startup

Salah satu alasan paling umum mengapa komputer Windows 10 lambat booting adalah karena terlalu banyak program yang diatur untuk startup secara otomatis. Program seperti antivirus, program chatting, dan lainnya mungkin perlu dijalankan setiap kali Anda menyalakan komputer, tetapi terlalu banyak program yang dijalankan bisa memperlambat booting.

Untuk mengatasi masalah ini, buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc, dan pilih tab “Startup”. Di sini, Anda dapat melihat daftar semua program yang diatur untuk startup dan memilih program mana yang ingin Anda nonaktifkan.

  1. Bersihkan hard drive Anda

Jika hard drive Anda sudah penuh, maka akan memperlambat booting Windows 10. Oleh karena itu, pastikan untuk menghapus file yang tidak perlu dan membersihkan hard drive Anda secara berkala. Anda dapat menggunakan fitur bawaan Windows 10 seperti “Disk Cleanup” untuk membersihkan file sementara dan file yang tidak diperlukan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan hard drive Anda dengan lebih efisien.

  1. Gunakan SSD

Solid-state drive (SSD) memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan hard drive tradisional. Jika Anda menggunakan hard drive, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupgrade ke SSD untuk mempercepat booting Windows 10 dan kinerja komputer secara keseluruhan.

  1. Hapus program yang tidak perlu

Setiap program yang terinstal pada komputer Anda akan memakan ruang dan sumber daya, bahkan ketika program tidak sedang digunakan. Jika Anda memiliki program yang tidak perlu, maka sebaiknya Anda menghapusnya. Hal ini akan membantu mempercepat booting Windows 10 dan meningkatkan kinerja komputer Anda secara keseluruhan.

  1. Perbarui driver Anda

Driver yang sudah kadaluarsa atau rusak bisa mempengaruhi booting Windows 10. Pastikan untuk memperbarui driver komputer Anda secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik. Anda dapat memperbarui driver melalui Windows Update atau melalui website produsen perangkat keras.

  1. Matikan fitur Fast Startup

Windows 10 memiliki fitur Fast Startup yang memungkinkan komputer Anda boot lebih cepat. Namun, fitur ini bisa menyebabkan masalah booting atau masalah lainnya. Jika Anda mengalami masalah booting, maka Anda dapat mematikan fitur Fast Startup dengan cara membuka “Control Panel”, pilih “Power Options”, dan kemudian pilih “Choose what the power buttons do”. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mematikan fitur Fast Startup.

  1. Periksa malware dan virus

Malware dan virus bisa mempengaruhi kinerja komputer Anda secara keseluruhan, termasuk waktu booting Windows 10. Pastikan untuk menginstal dan menjalankan program antivirus yang kuat dan perbarui secara berkala. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan scan malware dan virus secara berkala untuk memastikan bahwa komputer Anda aman dari ancaman.

  1. Tweak setting BIOS

Setting BIOS bisa mempengaruhi kecepatan booting Windows 10. Beberapa pengaturan BIOS yang mungkin berguna untuk mempercepat booting antara lain:

  • Mematikan fungsi boot dari network (PXE)
  • Mematikan fitur boot yang tidak diperlukan seperti CD/DVD-ROM dan USB flash drive
  • Mengoptimalkan urutan boot

Pastikan untuk melakukan tweaking BIOS hanya jika Anda benar-benar tahu apa yang sedang Anda lakukan, dan hati-hati untuk tidak mengubah pengaturan yang penting.

  1. Tweak pengaturan Windows 10

Ada beberapa pengaturan Windows 10 yang dapat diubah untuk mempercepat booting, antara lain:

  • Mematikan fitur “Background Apps” yang mengizinkan aplikasi berjalan di latar belakang
  • Mematikan fitur “Transparency Effects” yang mengurangi transparansi di Windows
  • Mematikan fitur “Animations” yang memperlambat tampilan antarmuka

Pengaturan ini bisa diakses melalui “Settings” di Windows 10.

  1. Upgrade hardware Anda

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih mengalami booting yang lambat, maka Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk melakukan upgrade hardware, seperti menambah RAM atau mengganti processor.

Kesimpulan

Mempercepat booting Windows 10 bisa membantu meningkatkan produktivitas Anda dan membuat pengalaman menggunakan komputer menjadi lebih menyenangkan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat booting Windows 10, dari mengurangi program startup, membersihkan hard drive, menggunakan SSD, menghapus program yang tidak perlu, hingga melakukan tweaking BIOS dan pengaturan Windows 10. Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut untuk menemukan kombinasi yang terbaik untuk komputer Anda. Namun, jangan lupa untuk selalu mempertahankan keamanan komputer Anda dengan menjalankan program antivirus yang kuat dan memperbarui driver secara berkala.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *